Apa itu VPN dan Fungsi VPN pada Jaringan Internet

Posted on

Apakah itu VPN ? VPN (Virtual Privat Network) ialah alat yang direncanakan untuk jaga jati diri pemakai internet supaya masih aman, pribadi serta anonim. Client VPN membuat service ini supaya pemakai bisa tersambung ke internet lewat server yang digerakkan oleh penyuplai VPN. Semua data yang berjalan antara computer, telephone atau tablet kamu, serta “server VPN” ini aman karena telah dienkripsi.

Untuk lebih mengerti apakah itu VPN, pertama kamu harus tahu mengenai apakah itu alamat IP. Alamat IP ialah kelompok nomor unik yang dipakai untuk mengenali computer dengan online, ini seperti alamat pos untuk computer, smartphone, atau piranti lain yang mempunyai koneksi ke internet.

Sesaat alamat IP dibutuhkan untuk kirim info lewat internet, mengganggu alamat IP memperlihatkan tempat geografis kamu ke situs situs atau aplikasi apa saja yang ingin kamu akses.

Disini feature VPN masuk: Penyuplai VPN mempunyai server yang ada di beberapa tempat di penjuru dunia serta bisa arahkan jalan raya kamu untuk sembunyikan alamat IP asli serta menukarnya dengan alamat IP dari server. Dengan simpel, alamat IP kamu akan diganti dengan alamat IP baru yang datang dari tempat yang diharapkan.

Apapun peranan serta manfaat dari VPN ?

Ada tiga hal yang dapat dikerjakan dengan VPN.

Pertama, VPN sembunyikan jati diri online kamu, berarti kamu tidak bisa dicari oleh penjahat dunia maya, seperti hacker, biro iklan atau pemerintah. Semua kegiatan online kamu akan anonim (rahasia) serta kamu bisa menelusuri semua web tanpa ada tinggalkan jejak.

Ke-2, kamu dapat memakai VPN untuk terhubung situs streaming yang dikunci atau buka situs situs yang dikunci atau mungkin tidak ada di tempat kamu sekarang, baik sebab penyensoran atau penetapan geo.

Ke-3, Remote Access – Dengan memakai VPN kita dapat terhubung computer atau jaringan lain, darimanakah saja sepanjang masih tersambung ke jaringan internet atau publik.

Bagaimana VPN membuat perlindungan satu data ?

VPN bisa memakai “protokol VPN” yang tidak sama, yang tawarkan standard enkripsi serta tingkat keamanan yang tidak sama. Berikut penuturannya:

  • IP security (IPsec): Protokol ini umumnya dipakai bertepatan dengan L2TP (Layer 2 Tunnel Protocol) untuk mengenkripsi jalan raya. Keseluruhannya, ini dipercaya jadi cara yang aman, tetapi bisa perlambat jalan raya bila dibanding dengan protokol VPN yang lain.
  • OpenVPN: OpenVPN ialah protokol VPN paling baru serta paling aman sekarang. Ini tambah lebih cepat dibanding cara lain. OpenVPN tidak terpadu ke skema operasi terkenal, yang bermakna kamu membutuhkan aplikasi faksi ke-3, seperti aplikasi ZenMate, OpenVPN atau aplikasi VPN paling baik lainnya.
  • PPTP: Terdapat beberapa permasalahan keamanan yang diketahui dengan protokol tunneling point-to-point (PPTP). Untuk sesaat, diibaratkan jika NSA mendekripsi koneksi PPTP yang bermakna keamanan yang ditawarkan oleh cara ini menyangsikan.
  • SSTP: Secure Socket Tunneling Protocol adalah bentuk protokol yang benar-benar aman serta memakai enkripsi AES, yang pada intinya adalah standard dalam cara enkripsi. Keseluruhannya SSTP tawarkan tingkat keamanan yang tinggi, kekurangan penting SSTP ialah sejumlah besar cuma dipakai untuk pemakai OS Windows.